Kamis, 13 Juni 2013

Buat Toko Online emang cuma 5 Menit kok

Buka Toko Online emang cuma 5 Menit kok, ga perlu pake workshop lah menurut gw mah. bikin toko online tinggal install CMS (Content Management System) ga nyampe 5 menit. banyak deh pokoknya CMS yang tinggal install, dan cara installnya juga gampang.

Buka toko online bisa dibilang gampang banget lah. yang bikin ga gampang itu gimana caranya agar toko online yang kita buat
dikunjungi calon konsumen, disini gw cuma ga akan ngebahas tentang cara install atau buat sendiri Toko Online nya. yang mau gw bahas disini lebih ke menejemen Website atau Toko Onlinenya.


Anggap saja kita sudah Install Toko Online. dan Anggap saja kita sudah tau cara mengundang calon konsumen, kalaupun kita sudah tau caranya mengundang calon konsumen, mesti ada yg harus diperhatikan lagi. yang harus diperhatikan lagi adalah dari segi content, interface dan performance yang terdapat di dalam toko online yang di buat itu. kalau dari segi interface, sekarang sudah banyak template web yg desainnya cukup menarik dan banyak pulak yang gratis, tanpa harus membeli. Namun Interface web (Toko Online) yang menarik harus di imbangi dengan content dan performance-nya. dan apa sih dua hal itu ?

Content itu salah satunya berupa artikel yang bermanfaat bagi pengunjung Toko online kita. contohnya dapat berupa artikel Tips, Berita, & tentunya review produk yg kita jual. review produk yang kita jual dengan sejujur-jujurnya. Review produk secara jujur dan tidak di lebih-lebihkan (memuji produk sendiri) itu dapat berdampak positif bagi image sebuah toko online. Kemudian yang harus diperhatikan dari segi performance Toko Online. Dan ini lebih kepada hal teknis seperti Domain dan Hosting yang digunakan untuk membangun sebuah Toko Online atau Website.

Jangan pernah memakai Sub Domain gratisan sperti [dot]tk, [dot]webly dan sebagainya . karena hal ini dapat menghambat Optimasi search engine seperti google. gunakanlah Domain TLD ( Top-level domain ), contohnya seperti [dot]com, [dot]net, [dot]web.id dsb. Domain TLD rata-rata harga sewan satu tahunnya cuma Rp100.000.

Lalu dari segi hosting. Jangan pernah memakai Hosting paket starter(pemula). karena spesifikasi paket starter adalah yg paling rendah. Pilihlah paket hosting Minimal paket Enterprise, dengan Disk Space mulai dari 5GB dan pilihlah hosting dengan Bandwidth Unmetered / Unlimited. semakin kecil spesifikasi hosting yang digunakan akan mempengaruhi performace suatu website / Toko Online. Terutama pada Bandwidth yang terbatas.

Banyak orang yang mengira dengan besarnya Disk Space suatu Hosting yang di sewa akan mendapatkan performance website yang baik, tapi percuma aja sih kalau Disk Space Hosting-nya tak diimbangin dengan Bandwidth yg besar. Ibaratnya Disk space itu rumah dan Bandwidth itu Jalan menuju rumah. percuma juga kan punya Rumah gede tapi jalan kerumah sempit? kalau ada banyak tamu yg datang ke rumah (Toko Online) tp Jalannya sempit(Bandwidth) percuma kan? kalau dipaksa masuk bisa rusak jalannya. kalau Bandwidth kecil dipaksa terus-terusan, lama-lama bisa Down Website / Toko Online nya.

Kalau Website udah Down websitenya otomatis ga bisa dikunjungi dan calon konsumen / pembeli pun tak akan ada yang order langsung dari Toko Online kita. kalau pesan Toko Online ke Perusahaan / Programmer Web tarif yg paling murah, tarifnya mulai dari Rp.10.000.000 & itu dah yg paling MURAH loh.

udah lah segitu aja Tweet seputar Website Toko Online-nya. Perbanyaklah membaca buku, e-book dan tentunya pengalaman (sendiri/orang lain). tak lupa untuk tidak malu bertanya pada Ahli-nya, dan yang paling Penting Berdoalah pada TUHAN, agar usaha anda mendapat Ridho dan Berkahnya

0 komentar:

Posting Komentar